Hari Minggu, Hari Mencuci (?)

UTS sudah berakhri dua hari lalu, tetapi memang akhir-akhir ini aku merasa penat yang amat sangat. Mulai memuncak sejak berakhirnya UTS Kalkulus Senin lalu dan disusul matematika kontekstual hari berikutnya. sejak saat itu entah mengapa motivasi belajarku sirna sudah. Sebenernya bukanlah UTS kalkulus yang menjadi penyebab utamanya, tetapi suatu yang sangat tidak ingin aku singung lagi. Teman-temanku menyuruhku untuk mencari kesibukan agar bisa melupakan kejadian itu dengan mudah, tetapi tanpa mencari kesibukan pun aku sudah merasa sibuk entah mengapa. Padahal ini masih pertengahan dari awal semester aku di bangku kuliah. Memang sih aku udah biasa sibuk semasa SMA, tapi di kuliah ini benar-benar beda. Beda banget dari SMA. Sesibuk-sibuknya aku semasa SMA dulu tidak pernah merasa sampai sepenat ini, Bahkan sekarang aku harus mengatur jadwal kegiatanku sedemikian rupa agar nggak keteteran sendiri, hal yang jarang sekali aku lakukan saat SMA dulu.

Tapi mencari kesibukan bukahlah jalan satu-satunya ternyata, bahkan temanku Jeje, anak Kalimantan Timur, berkata padaku “Kamu berani mengatur jadwal untuk kesibukanmu, tapi kenapa nggak untuk istirahatmu?” Dia benar. Saat ini aku merasa istirahat adalah hal yang tak perlu untuk dijadwalkan secara khusus, cukuplah mencuri-curi waktu buat istirahat. Tapi ternyata mainset itu salah, justru hal seperti itu lah yang paling gampang memicu stres. Kita manusia bukan robot, sudah seharusnya kita menyediakan waktu untuk beristirahat. Komputer aja jika kita pakai terus-terusan akan panas kan CPU-nya? Continue reading “Hari Minggu, Hari Mencuci (?)”

Bulan Baru Tersenyum

Sebelumnya aku mau ngucapin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah. Tak terasa usah lebaran aja, perasaan baru kemarin buka puasa. Taqabbalallahu Minna wa Minkum, semoga Allah menerima amalan-amalan kita hingga saat ini. Aamiin.

Kebetulan lebaran tahun ini samaan antara pemerintah dan ormas-ormas lain. Cie… lagi baikan nih ye… Jadi semuanya sama-sama sholat kemarin Jumat. Dan udah tradisi kalau esok hari lebaran pasti malemnya ada takbir keliling, itu lho parade anak-anak TPA jalan-jalan sambil meganging obor. Kalau sekarang sih udah diganti lampion kayaknya.

Kalau di Jogja biasanya tiap kecamatan bikin lomba takbiran antar masjid-masjid di kampungnya, jadi jalanan Jogja tetep ramai meskipun ditinggal mudik penghuninya. Terutama di titik nol KM dan sekitaran kraton. Kalau kalian ke sana pas habis isya bakal lihat parade takbiran panjang dari masjid-masjid di sekitar kraton. Asyik lho, liat anak-anak kecil pada pake kostum dan jalan bareng-bareng gitu #PedoBear

Ehm… oke fokus. Jadi seperti tradisi yang ada, kurang lengkap rasanya kalau lebaran nggak maaf-maafin gitu.

Aku selaku admin dari blog ini meminta maaf karena banyak salah selama ini. Mulai dari jarang update sampai kesalahan ketik (typo). Semoga kita sama-sama kembali ke fitri, seperti SPBU “Mulai dari nol ya kak!”.

Salam

Aan Abdurrahman

Ketika Bintang Bertautan

Hai apa kabar? Nggak kerasa udah bulan Juli aja, perasaan minggu lalu masih bulan Juni. Akhir-akhir ini suhu rasanya dingin, sepertinya karena belahan bumi selatan sedang memasuki musim dingin. Ya, secara geografis kita masuk belahan bumi selatan, jadi ya kerasa gitu dinginnya. Apalagi kalau habis subuhan jam limaan gitu, kabarnya malah di Jogja sempat mencapai suhu terendah yaitu 18 derajat Celcius.

Tetapi beda cerita kalau di belahan bumi utara. Bulan Juli itu identik sama musim panas, apalagi di negara sub tropis ada gitu yang namanya liburan musim panas, sebulan penuh gitu liburnya. Asyik ya? Biasanya nih kalau menjelang musim panas, ada sebuah pemandangan yang bisa kita lihat pas malam hari. Namanya segitiga musim panas, yaitu tiga buah bintang yang kalau kita tarik garis membentuk segitiga sama kaki.


Bintang-bintang itu adalah Deneb, Altair dan Vega. Mereka trio yang biasanya muncul saat awal-awal musim panas, makanya disebut segitiga musim panas. Deneb itu bintang paling cerah dari rasi bintang Cygnus, Altair bintang paling cerah dari rasi bintang Aquila, dan Vega bintang paling cerah dari rasi bintang Lyra. Trio ini juga sering banget muncul di film-film, apalagi kalau suka nonton Anime atau Serial TV Asia. Kedatangan mereka sangat dinanti-nanti karena jika mereka sudah muncul di langit utara tandanya musim panas sudah tiba. Bahkan trio ini pernah masuk dalam lirik lagu juga, salah satunya ada lagu Kimi no Shiranai Monogatari yang dinyanyikan oleh band asal Jepang Supercell. Continue reading “Ketika Bintang Bertautan”

Sebuah Catatan Harian Pelajar Cupu

Halo, apa kabar? Gimana nih puasanya? Nggak kerasa lebaran tinggal 23 hari lagi ya.

Kemarin aku habis nge-review postingan blogku dari dulu-dulu banget, dari jaman-jamannya pakai blogger sampai punya domain sendiri kayak sekarang ini. Yah, itu berhasil membuat perutku mules. Entah mengapa postingan di blogku yang dulu isinya cuma cinta-cintaan, walaupun emang konsep blog ini diary tapi kayaknya dulu aku kebanyakan curhat di blog. Bener-bener overdosis deh tuh curhatan.

Selain itu, aku juga ngerasa isi postinganku dulu cuma mengungkap keapesanku aja. Ada aja yang dikeluhin tiap postingan, dikit-dikit ngeluh, dikit-dikit ngeluh, ngeluhnya dikit-dikit. Hampir tiap postingan pasti ada kata-kata macam “Kesialan” “Apes” bahkan kata-kata umpatan lain macam “Kampret” dan sekawanannya. Segitu depresinya kah diriku di masa lalu? (ngomong sama cermin) Continue reading “Sebuah Catatan Harian Pelajar Cupu”